Tugas EO – Proposal Choose Rowan :)

Workshop SCARE (Social Care and Recycle Action)

Salinan ke        : 1

Tanggal           : 06 April 2010

Abstrak           : Proposal ini merepresentasikan penawaran  “Choose ROWAN” selaku Event Organizer (EO) dalam rangka pelaksanaan kegiatan “Workshop SCARE (Social Care and Recycle Action)”.

 

Dibuat oleh:

Choose ROWAN

Hak Cipta © 2010  Choose ROWAN

 

Dokumen ini merupakan hak milik dan hak cipta dari Choose ROWAN. Materi di dalam dokumen ini tidak diperkenankan untuk dibuka sebagian ataupun keseluruhan tanpa persetujuan tertulis dari Choose ROWAN. Tidak ada bagian dari proposal Workshop SCARE (Social Care and Recycle Action) ini yang diperkenankan untuk digandakan dalam bentuk apapun selain dari tujuan untuk mengevaluasi dokumen proposal Choose ROWAN, dan harus  dapat dikembalikan berdasarkan permintaan.

Dokumen ini disajikan untuk membantu CLIENT dalam menilai penawaran yang diajukan dan merupakan hal yang normal apabila kebutuhan yang diajukan kemungkinan berubah mengikuti perubahan usaha dan perubahan operasi. Choose ROWAN percaya bahwa proposal yang diajukan ini dapat menjawab kebutuhan rangka pelaksanaan kegiatan untuk mengkampanyekan isu kepedulian sosial dan lingkungan di wilayah Bandung. Jangka waktu kesahihan dari dokumen ini adalah satu (1) bulan sejak tanggal penerimaan yang dibuat oleh Choose ROWAN.

 

 

1.  LATAR  BELAKANG

               Dewasa ini persaingan di dunia kerja kian sengit, menurut data statistik dinas ketenagakerjaan 40% penduduk Indonesia berprofesi sebagai pengangguran. Hal inilah sangat ironis, karena banyak keterdesakan kebutuhan yang harus terpenuhi dalam kehidupan ini. oleh karena itu, memulai menjadi pribadi mandiri dan usaha mandiri bergerak menjadi seorang Entrepreneur adalah solusi tepat untuk menciptakan kembali lapangan kerja dan juga memberdayakan anak bangsa. Selain itu,kita juga harus menyadari bahwa keadaan lingkungan lebih tepatnya bumi kita telah mengalami Pemanasan global menyebabkan perubahan iklam di dunia yang cukup drastis, serta menyebabkan efek rumah kaca. 
               Menyikapi isu global warming (pemanasan global) di dunia international maka sudah sewajarnya setiap individu menyikapi hal ini dengan cara turut serta perduli terhadap isu Pemanasan Global ini. Tindakan untuk dapat memberdayakan kembali barang bekas atau yang biasa disebut sebagai daur ulang dapat membantu bumi bernafas lebih lega. Pengembangan konsep Entrepreneurship with environmentally sound (wirausaha dengan pengetahuan tentang lingkungan) yang kita sajikan nantinya dapat menjadi penggerak usaha mandiri yang berkonsep daur ulang ramah lingkungan.  peduli sama lingkungan. Kita dapat menjadi cerminan sebagai individu yang tanggap akan masalah sosial dan lingkungan kita. Ini bukan cuma urusan pemerintah, setiap usaha kecil kita bisa membuat perbedaan.

2. TEMA ACARA

Tema acara yang dipilih adalah “Workshop SCARE (Social Care and Recycle Action)”, karena target utama dari kegiatan ini adalah Mahasiswa/i dan para tunakarya (pengangguran). Diharapkan dengan dipilihnya tema ini kegiatan tersebut dapat membangkitkan semangat seluruh Peserta nantinya, untuk mendukung kepedulian akan isu sosial dan pemanasan global dan dapat turut serta secara aktif untuk mengurangi pengangguran dan dampak dari pemanasan global ini dalam perilaku keseharian mereka.

3. PENYELENGGARA ACARA

Penyelenggara kegiatan ini adalah Event Organizer Choose ROWAN yang dalam ini berusaha mensosialisasikan isu kepedulian sosial dan pemanasan global serta mendukung pemanfaatan bahan daur ulang sebagai usaha mandiri. Choose ROWAN bekerjasama dengan CLIENT dalam melakukan perencanaan, persiapan, sampai dengan pelaksanaan kegiatan.

4. JADWAL KEGIATAN ACARA

Kegiatan ini diselenggarakan selama 1 hari, dimana kegiatan bersifat formal tetapi juga  bersifat sosial dan kemasyarakatan.

Tema   : “Workshop SCARE (Social Care and Recycle Action)

Hari/Tanggal   : Rabu, 02 Juni2010

Jam      : 08.00 WIB s/d 16.00 WIB

Tempat    : SABUGA/ AULA UNISBA.

5. KONSEP ACARA

Tema   : “Workshop SCARE (Social Care and Recycle Action)

Seminar I : "Motivation for Giant Step, to be a Success Entrepreneur"
Pk. 09.00-10.30
Pembicara I : Mario Teguh
Moderator :XXX
Seminar II : "Eentrepreneur with Environtmentally Sound"
Pk. 10.30-12.00
Pembicara I : Bob Sadino
Pembicara II : entrepreneur bla..bla…
Moderator :XXXX
Works Pk. 13.00-14.00
Workshop kreasi plastik daur ulang bersama Bapak XXXX, Entrepreneur pengrajin daur ulang plastic.
Works  Pk. 14.00—15.00
Workshop membuat kertas daur ulang bersama Bapak XXXX dari Kedai Daur Ulang
Sepanjang acara diluar gedung/ dipelataran gedung dimeriahkan dengan :
Open house LSM-LSM lingkungan

6. BENTUK KEGIATAN ACARA

Promosi Acara:

01 mei – 20 mei 2010:

•  Spot iklan di Bandung TV, STV .

•  Pemasangan spot iklan di Radio NINETYNINERS, ARDAN, OZ, K LITE.

•  Pembagian stiker.

•  Iklan di beberapa media Cetak Lokal.

•  Pemasangan Spanduk di 50 titik di Bandung.

•  Pembagian selebaran sebanyak 100.000 pcs

 

2 juni 2010

  • Pembukaan Acara “Workshop SCARE (Social Care and Recycle Action)
  • Penutupan Acara
·         Seminar I : "Motivation for Giant Step, to be a Success Entrepreneur"
               Pembicara I : Mario Teguh
               Moderator :XXX
·         Seminar II : "Eentrepreneur with Environtmentally Sound"
               Pembicara I : Bob Sadino
               Pembicara II : entrepreneur bla..bla…
               Moderator :XXXX
·         Workshop kreasi plastik daur ulang bersama Bapak XXXX, Entrepreneur pengrajin daur ulang plastic.
               Workshop membuat kertas daur ulang bersama Bapak XXXX dari Kedai Daur Ulang
·         Sepanjang acara diluar gedung/ dipelataran gedung dimeriahkan dengan :
               Open house LSM-LSM lingkungan

8. STRUKTUR PANITA KEGIATAN

Pelindung   :

Penasihat   :

Penyelanggara   : Choose ROWAN

Jln. Taman Sari Bawah No.1

Telp : 022 – 7557755

Fax : 022 – 7775555

Ketua Penyelenggara   :

Wakil Ketua   :

Sekertaris   :

Seksi Dana   :

Operasional   :

Keamanan   :

Sponsorship   :

9. ANGGARAN KEGIATAN  (rekayasa)

1.  Spot Radio                          :Rp. 5.000.000

2.  Talk Show Radio                :Rp. 500.000

3.  Iklan di bandung TV           :Rp. 1.500.000

4.  Baliho                                 :Rp. 200.000

5.  Iklan Media Cetak  Lokal   :Rp. 500.000

6.  Leaflet                                :Rp. 300.000

7.  Promo SMS                       : Rp. 200.000

8.  Atribut “Workshop SCARE (Social Care and Recycle Action)”:Rp. 1.000.000

9. T-shirt panitia dan peserta  : Rp. 800.000

10. dll       :Rp. 500.000

TOTAL   : Rp. xx.xxx.xxx

10. SASARAN KEGIATAN ACARA

Tujuan atau sasaran dari kegiatan acara ini adalah Mahasiswa/I dibandung raya khususnya UNISBA, dan para tunakarya didaerah Taman Sari dan sekitarnya, dan dari  berbagai kalangan agar lebih perduli lagi kepada masalah sosial dan lingkungan hidup.

 

 

11. SUMBER DANA KEGIATAN

Sumber dana untuk melaksanakan kegiatan ini dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

1.  Dana Donatur  (20%)

2.  Dana Sponsorship (60%).

12. SPONSORSHIP KEGIATAN ACARA

Panitia penyelenggara “Workshop SCARE (Social Care and Recycle Action)” mengundang partisipasi perusahaan bapak / ibu dalam program sponsorship sebagai berikut :

SPONSOR UTAMA GOLD

Biaya sponsorship sebesar 40% dari total biaya yang dibutuhkan.

Keuntungan  :

–  Nama dan Logo Perusahaan ditampilkan pada Spanduk dan Baliho.

–  Logo perusahaan ditampilkan pada Back Drop panggung.

– Logo Perusahaan ditampilkan pada banner / umbul-umbul di jalan Taman sari, Surapati, Merdeka.

–  Logo Perusahaan ditampilkan pada setiap iklan di Media Cetak dan Media TV.

–  Logo Perusahaan ditampilkan pada setiap stiker promosi yang dibagikan.

–  10 (sepuluh) undangan VIP.

SPONSOR UTAMA SILVER

Biaya sponsorship sebesar 10% dari total biaya yang dibutuhkan

Keuntungan  :

–  Logo perusahaan ditampilkan pada Back Drop.

–  Logo Perusahaan ditampilkan pada banner / umbul-umbul di jalan Taman sari, Surapati, Merdeka.

–  5 (lima) undangan VIP.

CO SPONSOR A

Biaya sponsorship sebesar 5% dari total biaya yang dibutuhkan

Keuntungan  :

–  Logo perusahaan ditampilkan pada Back Drop panggung

–  2 (dua) undangan VIP.

CO SPONSOR B

Biaya sponsorship sebesar 5% dari total biaya yang dibutuhkan

Keuntungan :

–  Logo perusahaan ditampilkan pada Back Drop panggung

–  2 (dua) undangan VIP.

 

13. PENUTUP

Akhir kata kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap kesempatan yang telah diberikan kepada kami untuk dapat turut serta memberikan konsep dan ide acara dalam proposal ini. Besar harapan kami dapat bekerjasama dengan CLIENT dalam penyelenggaraan acara tersebut. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s